Tugas Seorang Manager Pemasaran Dalam Perusahaan

Artikel ini akan mencoba menjelaskan beberapa tugas manager pemasaran dalam prusahaan dalam bahasa inggrisnya (Marketing Manager). Dalam perusahaan kita mengenal dengan istilah POAC kepanjangan dari Planning Organizing Actuating Controlling) yang dipopulerkan oleh oleh George R., Terry dalam ilmu manajemen., hehe, sedikit ilmiah lah ya... Lanjut saja yak...!! apa saja tugas-tugas manajer pemasaran perusahaan yang harus dilakukan, berikut ini akan dijelas secara rinci menurut kami, mungkin ada yang mau menambahkannya bisa dicantumkan di kolom komentar.


Google image

Tugas Manager Pemasaran Dalam Perusahaan

seorang manager pemasaran tidak hanya melihat kepada masa sekarang, namun harus bisa melihat masa yang akan datang/ masa depan. Begitu pula rencana pemasaran yang akan dibuatnya, dirumuskannya harus mencakup program-program pemasaran yang akan datang. Adapun tugas manager pemasaran akan dijelaskan sebagai berikut ini :
  1. Manager pemasaran harus bertanggung jawab terhadap manajemen bagaian pemasaran.
  2. Manager harus bisa membuat laporan pemasaran direksi, kalau ndak bisa bakalan dipecat.., hehe
  3. manager pemasaran bertanggung jawab terhadap perolehan hasil penjualan dan penggunaan dana promosi. 
  4. manajer pemasaran sebagai koordinator manajer produk dan manajer penjualan. 

Pengertian Tugas Pemasaran

Pemasaran atau marketing adalah proses sosial dan managerial yang mengakibatkan seseorang atau kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan lewat penciptaan dan pertukaran produk dan nilai dengan pihak lain. 

Adapu Tugas Seorang Pemasaran yaitu harus mampu :
  1. Seorang pemasaran harus bisa mengenali kebutuhan pelanggan
  2. Seorang pemasaran harus bisa mengembangkan produk dengan baik
  3. Harus bisa menetapkan harga, dan mendistribusikannya.
  4. Seorang pemasaran harus bisa mempromosikan produk
Tujuan dari adanya pemasaran yaitu untuk mengetahui dan memahami pelanggan sedemikian baiknya sehingga produk atau jasa cocok dengan mereka, dan penjualan terjadi dengan sendirinya. 


TAGS: